Jendela Malang Raya | Selasa Pon, 21 Oktober 2014
Home Kabar Berita Campus Hanya 4 Jam Pelatihan Sudah Mampu Terbitkan Majalah
Campus
PDF Print E-mail
Hanya 4 Jam Pelatihan Sudah Mampu Terbitkan Majalah
Kamis, 08 Desember 2011 04:47

 

crop11 helloMALANG.com - Hanya dalam durasi pelatihan 4 jam, puluhan relawan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Kota Batu sudah mampu membuat majalah sendiri. Awalnya, para peserta pelatihan meragukan janji pemateri bila dalam tempo pelatihan yang singkat itu mereka sudah mampu merancang, mendesain dan mencetak majalah sendiri. Namun keraguan itu terjawab di sesi akhir pelatihan setelah melihat hasil print out majalah yang mereka rancang dan desain sendiri.



"Sebelum pelatihan, kami memang meragukan janji pemateri dari JongJava Communication yang menyatakan dalam tempo 4 jam pelatihan para peserta sudah mampu membuat majalah sendiri, Sepengetahun saya, untuk membuat majalah itu ribet, butuh skill tinggi, banyak SDM dan waktu pengerjaan yang panjang. Ternyata semua itu hayalah mitos,'' ungkap Sigit, salah satu peserta.

Buktinya, lanjut Sigit, di akhir pelatihan dirinya sudah berhasil mencetak karya pertamanya. "Ternyata dengan arahan team JongJava Communication, menulis, merancang dan mendesain majalah itu tidak sesulit yang saya bayangkan,'' ungkapnya senang.
Foto-foto kegiatan pelatihan bisa disimak di sini.

Yusliha Ningsih, salah seorang anggota konsultan PNPM Kota Batu yang menggagas pelatihan media tersebut mengatakan, tujuan utama pelatihan, setiap PNPM desa memiliki media komunitas sendiri. Dirancang, dikelola dan diterbitkan secara mendiri. "Melalui penerbitan media sendiri diharapkan ketersambungan informasi antara PNPM dan warga desa akan semakin baik. Seluruh program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan akan terinformasikan kepada seluruh warga di wilayah kerja masing-masing. Sesuai program, media akan terbit secara berkala,'' paparnya.

batu_kiniYusliha Ningsih yang mengaku puas dengan hasil pelatihan itu mengisahkan keputusan PNPM KOta Batu menggandeng JongJava Communication sebagai pemateri ternyata tepat. "Setelah kami memutuskan perlu ada pelatihan khusus, banyak calon pemateri yang menawarkan diri. Namun hanya JongJava Communication yang berani memberikan jaminan free charge jika dalam tempo 4 jam pelatihan tidak ada hasil riil. Selain nilai pelatihan yang sangat kompetitif, pematerinya juga telah berpengalaman puluhan tahun di media cetak dan website,'' jelasnya.

Ariyati Roeslan, Team Leader JongJava Communication menjelaskan mengapa pelatihan menjadi sangat efektif ? Karena, JongJava Communication telah menemukan formula khusus. Pelatihan menjadi mudah, ringkas, tepat guna dan menyenangkan. "Kuncinya terletak pada metode yang diterapkan, software layout yang digunakan. Metode dan software kami pilih sangat mudah diaplikasikan. Bahkan oleh mereka sebelumnya yang hanya bisa mengetik di komputer," jelas Aryati berpromosi.

Metode pelatihan JongJava, lanjutnya bukan hanya efektif untuk melatih para relawan PNPM saja. Metode ini juga akan sangat efektif untuk melatih personal humas, public relation, siswa, mahasiswa dan siapapun yang berkeinginan menerbitkan media promosi sendiri.

"Intinya, dengan berbekal sebuah komputer atau laptop dan printer kita sudah bisa membuat bulletin, majalah, koran mini, majalah dinding dengan layout atraktif, brosur atau lainnya dengan mudah dan cepat," papar Aryati.

Tertarik dengan pelatihan ini? Atau berkeinginan menggelar pelatihan di instansi, organisasi tempat Anda beraktivitas? Anda bisa melakukan korespondensi dengan Team JongJava Communication melalui email
: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it . helma-05





 

Add comment

1. Anda, sebagai pribadi atau lembaga yang berkaitan langsung atau merasa dirugikan oleh isi dari surat pembaca ini kami persilahkan memberikan tanggapan.
2. Redaksi berhak tidak menayangkan atau menghapus tanggapan yang kurang sopan, berbau SARA, menghasut, menghina salah satu pihak dan melanggar perundang-undangan Republik Indonesia.


Security code
Refresh

Banner
Advertisement